Sheila On 7-Pelayaran Selama 15 tahun

image

Siapa sih yang nggak tahu Sheila On 7 (SO7)? Band papan atas ini tak gentar dengan bermunculnya band-band baru maupun boyband yang akhir-akhir ini lagi ngetren. Band dengan personil Duta (vokal), Eross (gitar), Adam (bas), serta Brian (drum) ini membuktikan eksistensinya dengan mengeluarkan album barunya yang diberi judul Berlayar .  Mau tahu cerita band dari Jogja ini tentang album mereka?   Simak aja hasil wawancara berikut, saat Gradasi nimbrung di acara Meet n Greet Sheila On 7 di Hotel Baron Indah Solo di bulan Juni lalu.

Single andalan dalam album Berlayar ini apa aja?

Adam (A) : Single pertamanya judulnya “Hari Bersamanya” yang udah keluar di tahun 2010 kemarin. Terus waktu album ini rilis barengan sama single kedua, judulnya “Pasti Ku bisa”. Nek durung krungu lagu iki kebangeten . Haha…

Dalam album ini  ada nggak dedikasi khusus, dipersembahkan untuk siapa gitu?

A : Setiap SO7 bikin album pasti kita dedikasikan buat pendengar SO7, buat SheilaGank yang udah ndengerin atau ngikutin musik SO7 dari dulu atau pendengar yang baru. Pokoknya buat orang-orang yang suka dengerin karya-karya SO7.

Agenda SO7 yang terdekat apa nih?

Duta (D) : Kita masih promo-promo aja sih. Albumnya kan baru keluar Februari akhir. Ini baru Juni jadi ya masih anget-angetnya. Sambil nyiapin single ketiga, meski kita belum tahu launchingnya di mana.

Kenapa judul albumnya Berlayar, ada arti khusus mungkin?

D : Berlayar itu identik dengan perjalanan panjang, penuh tantangan, penuh suka duka. Itulah gambaran perjalanan SO7 yang sudah 15 tahun.

Cover dalam album ini terkesan unik, ada gambar keluarga di dekat kapal, bisa diceritain kenapa memilih cover itu?

Erros (E) : Ini cover masternya kristik. Ide awalnya cover pake kristik tapi pembuat kristiknya bilang itu akan memakan waktu sangat lama sekali. Sebulan hanya berapa ribu. Karena tak bisa memenuhi kuota dari Sony akhirnya kita bikin versi cetak. Sekarangpun yang versi kristiknya masih ada. Kenapa covernya ada gambar keluarga yang lagi di meja makan dan gambar kapal besar di belakangnya. Kita pingin membicarakan bahwa keluarga adalah nomor satu setelah keluarga baru kita mulai bekerja.

Bincang-bincang mengenai RBT (Ring Back Tone), ada pengaruhnya nggak terhadap pembuatan album?

E : Sebelum ada tren RBT biasanya bikin satu album langsung semua. Album Berlayar ini kita bikin single dulu trus kita rekam beberapa lagu habis itu diterusin hampir setahun. Setelah keluar single pertama kita sudah manggung-manggung. Kalau dulu satu album dulu baru manggung-manggung beruntun.

Gimana hasil penjualan album Berlayar ini ? Bagaimana tanggapan SheilaGank tentang album ini?

D : Kalau penjualan  pastinya berapa yang tahu Sony Music. Yang jelas album ini sudah dapet Platinum. Setelah launching baru dua minggu kita udah dapet Platinum. Kita terakhir dapet Platinum di album 30 Hari Mencari Cinta . Alhamdulillah album ini diterima. Kita sangat bersyukur dan itu buat kita mikir ternyata pendengar SO7 yang tahu dari album dulu-dulu masih banyak dan yang pendengar baru juga banyak. Indikasinya gampang aja. Kenapa masih banyak sekolah-sekolah yang ngadain Pensi ngundang SO7, band yang udah tua, bukan band lain. Itu artinya masih banyak pendengar SO7.

Pendapatnya tentang Solo dan kesan-kesannya seperti apa atau ada pengalaman waktu manggung di Solo?

Duta (D) : Solo kota yang sering saya kunjungi. Dulu sebelum berkeluarga saya sering ke Solo sekedar dolan atau mampir. Hanya sekedar dari Jogja ke Solo untuk makan Nasi Liwet dan Gudeg Ceker terus balik ke Jogja lagi. Setelah berkeluarga ya ke tempat rekreasi air di sebuah tempat di Solo. Itu pengalaman di luar panggung. Kalau pengalaman di panggung, ada pengalaman positif dan negatif. Pernah waktu SO7 konser di Stadion Sriwedari. Tahun berapa saya lupa. Kepala saya pernah kena lemparan batu segede kepalan tangan. Batunya itu disimpan oleh manajer saya dan dijadikan semacam Award . Jadi ketika lihat batu itu saya tak akan pernah melakukan kejadian itu. Selain itu positifnya, Solo adalah kota kedua, tempat SO7 manggung waktu album pertama. Dan setiap SO7 manggung di Solo penontonnya selalu ramai. Yang sampai rusuh ya cuma sekali itu.

Bagaimana hubungan antara SO7 dengan mantan personil seperti Sakti dan Anton?

D : Kalau Sakti kita masih sering ketemu. Kalau dulu saat SO7 ngadain acara kita manggil ustadz untuk berdoa, kalau sekarang yang berdoa Sakti. Kalau Anton terus terang jarang. Hampir nggak pernah sih. Saya pribadi cuma sekali ketemu. Yang kita denger dia juga masih ngeband.

Sekarang bermunculan Boyband yang lagi ngetren-ngetrennya, tanggapannya SO7 gimana?

D : Kalau toh sekarang boyband yang lagi ngetren, kalau boyband-boyband itu bisa bertahan selama 15 tahun mungkin saya baru memikirkan eksintensi mereka. Tapi kalau setahun dua tahun ya itulah namanya industri kan seperti itu.  Kalau mereka bisa bertahan seperti SO7 baru saya mengakui eksistensi mereka.

Seberapa sering SO7 diundang di acara-acara Pensi SMA? Sepertinya pendengar SO7 dari segala usia?

D :  Pensi di sekolah-sekolah membantu kita menyampaikan lagu-lagu kepada mereka. Bahkan pada orang yang belum dengar sekalipun. Sekedar informasi, untuk tahun 2011 kita udah manggung di Pensi sekitar 20 atau 15-an di seluruh Pensi di Indonesia. Hal itu membuat kita di satu sisi bahagia dan juga bertanya-tanya, dari mana anak-anak SMA tahu lagu SO7. Apa dulu udah denger musik SO7, yang pernah dapet sebutan band jutaan kopi. Apa saat itu mereka masih SD, sudah minta dibeliin kaset ortunya atau denger dari kakak-kakaknya atau gimana itu pertanyaan-pertanyaan lucu aja di antara kita. Di satu sisi kita seneng ada orang yang mengaku sejak SD dengerin SO7,  di sisi lain berarti ki SO7 wis tuwo. Hehe… Satu yang pasti kita bersyukur dengan apa yang kita dapat sekarang. Kita juga ngucapin terima kasih buat siapapun yang menjadikan musik SO7 sebagai hal yang positif untuk mengisi hari-harinya. (Miv).

 

 

 

 

 

 

 

 

Sat, 2 Jul 2011 @14:12


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Majalah Gradasi
image

Edisi Januari 2014

Pesan Telp: 024-76480185 SMS: 08562547735


Majalah Remaja Lepas-Bebas-Cerdas
Dibaca Enak, Ditenteng Nyaman
Artikel Terbaru
Arsip

::. RUBRIK PILIHAN .::
:. Redaksi .:

     

 

     

Kontak Kami Klik Disini

 

 

 

 

 

.: G-Magz Digital :.
:. DAFTAR BIRO .:
WEBMAIL

-Masukkan Email dengan Lengkap

 contoh : priyo@gradasi-magz.com

 Password (sering diganti)

:. Jam / Tgl Sekarang .:

See on Youtube
Tukar Link

Visitor
free counters
:. ADVERTENSI .:

          


  DeBest FM

ALFAMART
 
 
 
 
Panen Dollar Tiap Hari
:. Fan Page .:

 

 

Radio Streaming Internet

Get the Flash Player to see this player.

Dengarkan di WINAMP :

Streaming Provider by :
KlikRadioInternet.com

.

Statistik
Unique Visitor
website hit counter
:. BANK TRANSFER .:
image

No.Rekening

6058-01-003168-53-5

a/n Majalah Gradasi

BRI Unit Sukun Semarang

Copyright © 2018 Gradasi-Magz.Com · All Rights Reserved