Futsal

FUTSAL

Dalam beberapa tahun ke belakang ini Futsal sudah menjadi sebuah gaya hidup. Di mana-mana demam futsal, tak terkecuali di sekolah-sekolah semua pada gila futsal. Hal ini dibuktikan dengan ramainya lapangan-lapangan futsal. Di Semarang sendiri, hampir tiap sudut kota tersedia lapangan futsal. Hampir semua lapangan tersebut penuh sesak dengan orang-orang yang ngantre bermain.

Sebagai sebuah olahraga yang lagi digandrungi banyak orang menjadikan futsal melejit bak meteor jatuh. Buktinya, nggak anak-anak, remaja, para orangtua pun getol bermain futsal. Liat saja pas pada hari libur atau akhir pekan, kebanyakan lapangan futsal pasti udah rame diserbu orang yang mau main.

Sebagai olahraga alternatif sepak bola, futsal memang lebih memiliki daya tarik tersendiri. Dibandingkan dengan sepak bola yang memerlukan tempat yang lumayan ekstra dengan segala perlengakapan permainan serta jumlah pemain yang banyak, futsal memberi alternatif permainan yang dibilang lebih mudah diwujudkan, karena dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang alias separo tim sepak bola. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan. Jadi bermain futsal lebih praktis dibanding bermain sepak bola.

Rasanya kurang afdol kalo bicara futsal kita sendiri tidak paham sejarahnya. Dari catatan literatur ternyata futsal telah lama dikenal dan dimainkan. Diciptakan di Montevideo , Uruguay pada tahun 1930 , oleh Juan Carlos Ceriani olahraga ini kemudian menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia ini. Berkat keunikan futsal, olahraga ini langsung mendapat sambutan luar biasa di seluruh Amerika Selatan , terutamanya di Brasil .

Disamping tahun dan pencipta futsal, pastinya kita harus tahu nama atau istilah futsal dalam jagad olahraga ini biar tidak disebut blego. Nama atau istilah futsal di Spanyol futbol dan di Portugis dengan sebutan sala . Jadi kalau ada temen ngajak futbol atau sala kita langsung dapat mengerti ajakan, yaitu futsal. Adapun negara yang menjadi pusat futsal dunia adalah Brazil. Seperti Timnas sepak bolanya yang hebat, timnas futsal Brazil pun sangat mendominasi permainan ini. Bahkan bintang besar sepak bola Dunia dan Brazil, yaitu Pele dibina dari permainan futsal ini.

Futsal sendiri berada di bawah naunagn Fédération Internationale de Football Association sebagai induk oragnisasi futsal dunia.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan Adi Sao Paulo , Brasil, pada tahun 1982, silam. Pada kejuaraan tersebut Brasil berhasil menjadi juaranya. Keperkasaan tim Brazil terus berlanjut di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol. Nampaknya tim futsal dan tim sepak bola Brazil kompakan berprestasi dalam permainan sepak menyepak.

Prestasi Membanggakan

Nampaknya Timnas Futsal kita patut diacungi dua jempol, pasalnya tim futsal berhasil meraih gelar juara pertama di kejuaraan AFF 2010. Yang jadi spesial Timnas Futsal kita berhasil meng-KO tim negeri tetangga Malaysia dengan skor fantastis, 5-0 . Keberhasilan Taimnas Futsal kita merupakan sejarah tersendiri di tengah paceklik prestasi timnas sepakbola. Hal ini tentunya sangat kontras dengan prestasi saudara tuanya, yaitu Timnas Sepak Bola yang belum bisa mencatatkan diri pada ajang internasional akhir-akhir ini. Tapi kita doakan Timnas Sepak Bola lekas berprestasi seperti Timnas Futsal.

Pada final melawan Timnas Malaysia tersebut Timnas kita berhasil melesatkan lima gol, tapi hasil ini berbanding berbalik pada saat Timnas Sepak Bola kita yang diperdayai Malaysia pada final AFF lalu. Adapun para pahlawan penyumbang gol Timnas Futsal Indonesia dicetak oleh Jaelani Ladanibi pada menit 9, Vennard Hurabarat menit 23, Deny handoyo menit 26, Caca Matulesy menit 36 dan Haidar di menit 37. Melihat hasil tersebut semoga Timnas Sepak Bola suatu saat juga dapat mencetak gol ke gawang Malaysia lebih banyak lagi dari pada Tiamnas Futsal.

Prestasi yang ditorehkan Timnas Futsal pada ajang AFF 2010 tersebut mengukuhkan rekor tak pernah terkalahkan pada lima laga yang dilakoni. Taimans Futsal yang dimotori Vennard Hutabarat berhasil mengalahkan lawan-lawannya pada babak penyisihan. Bahkan, Malaysia telah mencicipinya dua kali. Pada pertandingan kualifikasi, tim Negeri Jiran kalah 6 gol tanpa balas. Kemudian pada partai final 5-0. Pada babak sebelumnya, timnas Indonesia mampu menghantam Myanmar 7-4, menyikat Vietnam dengan skor 2-1, dan terakhir mengalahkan Filipina 4-0, sekaligus menempatkan diri di posisi teratas.

Semoga saja apa yang telah diraih Timnas Futsal Indonesia ini menular pada Timnas Sepak Bola. Karena pasti kita ingin Timnas Sepak Bola Indonesia meraih tropi pada ajang internasional. Mari kita berdoa dan mendorong Timnas Serpak Bola untuk berprestasi seperti Timnas Futsal. Priyo

 

Yang Perlu Diketahui

Lapangan permainan

1.    Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m

2.    Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan

3.    Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos

4.    Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang

5.    Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang

6.    Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan

7.    Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m

8.    Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Bola

1.    Ukuran: 4

2.    Keliling: 62-64 cm

3.    Berat: 390-430 gram

4.    Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama

5.    Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan tak berbahaya)

Jumlah pemain (per tim)

1.    Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang

2.    Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)

3.    Jumlah pemain cadangan maksimal: 7

4.    Jumlah wasit: 2

5.    Jumlah hakim garis: 0

6.    Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas

7.    Metode pergantian: "pergantian melayang" (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit).

 

Lama permainan

1.    Lama normal: 2x20 menit

2.    Lama istiharat: 10 menit

3.    Lama perpanjangan waktu: 2x10 menit (bila hasil masih imbang setelah 2x20 menit waktu normal)

4.    Ada adu penalti (maksimal 3 gol) jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai

5.    Time-out : 1 per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan

6.    Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+5+2

Majalah Gradasi
image

Edisi Januari 2014

Pesan Telp: 024-76480185 SMS: 08562547735


Majalah Remaja Lepas-Bebas-Cerdas
Dibaca Enak, Ditenteng Nyaman
Artikel Terbaru
Arsip

::. RUBRIK PILIHAN .::
:. Redaksi .:

     

 

     

Kontak Kami Klik Disini

 

 

 

 

 

.: G-Magz Digital :.
:. DAFTAR BIRO .:
WEBMAIL

-Masukkan Email dengan Lengkap

 contoh : priyo@gradasi-magz.com

 Password (sering diganti)

:. Jam / Tgl Sekarang .:

See on Youtube
Tukar Link

Visitor
free counters
:. ADVERTENSI .:

          


  DeBest FM

ALFAMART
 
 
 
 
Panen Dollar Tiap Hari
:. Fan Page .:

 

 

Radio Streaming Internet

Get the Flash Player to see this player.

Dengarkan di WINAMP :

Streaming Provider by :
KlikRadioInternet.com

.

Statistik
Unique Visitor
website hit counter
:. BANK TRANSFER .:
image

No.Rekening

6058-01-003168-53-5

a/n Majalah Gradasi

BRI Unit Sukun Semarang

Copyright © 2018 Gradasi-Magz.Com · All Rights Reserved