Komunitas Lembah Kelelawar, Membawa Kabar dari Laut

image

Hal tersebut disampaikan oleh Heri Chandrasantosa (Pegiat Sastra Boja, Kendal) sebagai pembedah pada Minggu, 22 September 2013 dalam acara “Meja Cerpen #8” yang diselenggarakan Komonitas Lembah Kelelawar yang membedah cerita pendek berjudul ‘Kabar dari Laut’ karya Dina Ashanta Puri. Kegitan yang dilaksanakan pukul 19.30 hingga 22.00 WIB, berlangsung di Jalan Peterongan Timur no. 337 A Semarang. Selain Heri Chandrasantosa hadir juga  Turahmat (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unissula) sebagai pembedah. Selain diskusi membahas cerpen, dalam acara tersebut juga terpentas pembacaan puisi oleh NWU Gabriel Genesis dan pertunjukan Tari “Denok Deblong” oleh Hati Nurjanah Retna Utami dari Sanggar Greget Semarang.

Sulung Pamanggih, salah seorang motor penggerak Lembah Kelelawar mengungkapkan bahwa Meja Cerpen merupakan salah satu forum rutin yang diselenggrakan oleh komonitas ini. Selain meja cerpen komonitas ini juga menyelenggarakan Ndhopok Sastra dan penerbitan buletin sastra. “Kami menyelenggarakan jika memang tepat waktunya untuk diselenggarakan. Bukan masalah kesibukan, komunitas berdikari semacam ini, tumbuh dan berkembang dengan napas dari orang-orang yang berhasrat serta yang nggetih saja. Jika orang yang tidak punya kepedulian terhadap sastra, ya malas melakukan kegiatan tak berduit semacam ini.” tutur Sulung.

Pada kesempatan tersebut, Heri Chandrasantosa yang menyampaikan makalah berjudul Aku dan Kabar dari Laut mengatakan bahwa ia cukup suka dengan cerpen yang berjudul Kabar dari Laut. “Bagi saya ini cerpen sangat film. Dari paragraf awal digiring dengan pendeskripsian kuat. Si Puri, (pengaramg cerpen tersebut) terlalu banyak memainkan deskripsi seputar pantai laut, kegiatan nelayan.” Mengenai pendeskripsian cerita, Heri berharap agar Puri selanjutnya mempelajari karya-karya dari Ahmad Tohari. “Dalam sebuah karya sastra deskripsi semacam yang dilakukan Ahmad Tohari memang menjadi daya tarik. Asalkan deskripsi tersebut efektif dan efisien akan benar-benar menjadi keutamaan, bukan sekadar tempelan saja,” tegas Heri.

Sedangkan Turahmat yang menyampaikan makalah berjudul ‘Perayaan Cerpen minus Kebaruan’ mengungkapkan bahwa cerita karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester tiga ini adalah cerita yang menarik. Cerpen ini mengungkap cerita dengan tokoh masyarakat pesisir. Turahmat mengkaji dari sudut padang feminis dengan alasan karena penulisnya perempuan yang memposisikan diri sebagai penulis perempuan. “Barangkali pengarang tidak akan menggerakkan cerita ini ke mana-mana, atau cukup berhenti saat sudah menjadi karya. Biasanya memang begitu. Justru jika terbebani oleh muatan-muatan tertentu, maka pengarang akan sangat terbelenggu, tidak bebas. Alih-alih menghasilkan karya yang bagus, justru bingung memikirkan muatan apa yang akan ditampilkan,” ungkap Turahmat.

Widyanuari Eko Putra, salah seorang Esais dan juga penggerak komunitas ini mengungkapkan bahwa perbincangan semacam ini patut diselenggarakan, karena pembahasan dan pengalaman semacam ini tidak pernah terselenggara di kelas. Maka walaupun dengan penyelenggaraan apa adanya, Komonitas Lembah Kelelawar berupaya keras untuk tetap mempertahankannya. “Yah, walaupun sekadar dengan suguhan air mineral dan jajanan seadanya, kami bersyukur, dan apresisasi teman-teman pun cukup baik,” pungkas  Widyanuari. Setia.

Wed, 27 Nov 2013 @22:25


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+2+4

Majalah Gradasi
image

Edisi Januari 2014

Pesan Telp: 024-76480185 SMS: 08562547735


Majalah Remaja Lepas-Bebas-Cerdas
Dibaca Enak, Ditenteng Nyaman
Artikel Terbaru
Arsip

::. RUBRIK PILIHAN .::
:. Redaksi .:

     

 

     

Kontak Kami Klik Disini

 

 

 

 

 

.: G-Magz Digital :.
:. DAFTAR BIRO .:
WEBMAIL

-Masukkan Email dengan Lengkap

 contoh : priyo@gradasi-magz.com

 Password (sering diganti)

:. Jam / Tgl Sekarang .:

See on Youtube
Tukar Link

Visitor
free counters
:. ADVERTENSI .:

          


  DeBest FM

ALFAMART
 
 
 
 
Panen Dollar Tiap Hari
:. Fan Page .:

 

 

Radio Streaming Internet

Get the Flash Player to see this player.

Dengarkan di WINAMP :

Streaming Provider by :
KlikRadioInternet.com

.

Statistik
Unique Visitor
website hit counter
:. BANK TRANSFER .:
image

No.Rekening

6058-01-003168-53-5

a/n Majalah Gradasi

BRI Unit Sukun Semarang

Copyright © 2018 Gradasi-Magz.Com · All Rights Reserved